DOL(Direct One Line) STARTER

Apa kabar semuanya? Semoga selalu di berikan kesehatan oleh yang maha kuasa kepada kita semua.

Kali ini saya ini berbagi sedikit tentang DOL  Starter atau kepanjangan Direct One Line Satarter.

Untuk agan agan pemula maupun yang sudah expert di bidang kelistrikan terutama kelistrikan kapal pasti sering menjumpai simbol persegi yang ada tulisan DOL nya. Direct one Line starter memang rangkaian wajib untuk mengendalikan sebuah motor induksi AC selain rangkaian Star delta. Hal ini dikarenakan motor induksi merupakan komponen yang sangat penting untuk menggerakkan sistem pompa yang ada di kapal.
Dari klasifikasi sistem yang berbeda, motor induksi yang digunakan akan disesuaikan kapasitas nya. Nah berdasarkan kapasitas itulah perancangan sistem kapal dapat menentukan berapa daya motor yang akan digunakan.
Biasanya motor induksi dibawah 5,5 kw menggunakan rangkaian DOL starter sebagai pengendali operasi nya, sedangkan  motor induksi dengan daya 5,5-22 kw menggunakan rangkaian star delta.
Rangkaian DOL(Direct One Line) Starter pada dasarnya terdiri dari dua rangkaian listrik yaitu:

  1. Rangkaian daya/Power Diagram, merupakan jalur utama arus listrik untuk menggerakkan motor induksi. Jalur ini dapat dilewati arus listrik 110 vac, 220, vac, 380 vac dan seterusnya yang disesuaikan dengan kapasitas kontaktor dan motor.
  2. Rangkaian Control, merupakan rangkaian yang berfungsi untuk menyambung atau memutus aliran arus ke motor melalui anak kontaktor utama. Anak kontaktor utama harus diberi energi listrik terlebih dahulu agar rangkaian daya dapat mengalirkan arus listrik ke motor induksi, dan ketika energi listrik nya di putuskan maka suplai daya ke motor juga akan berhenti. Tentangan yang diberikan tergantung jenis kontaktor, bisa tegangan DC 24 v atau AC 110 v dan seterusnya.

Komponen-komponen Rangkaian Direct One Line Starter:

  1. MCB 3 Pole

  2. MCB 1 Pole 
  3. Kontaktor 3 Phase
  4. Thermal Overload Relay
  5. Push Button (NO)  Butdan Pushton (NC)
  6. Pilot Lampu 380 vac warna Merah, Hijau dan Kuning
  7. Motor Induksi 

Rangkaian DOL (Direct One Line) starter
Let's watch!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maksud dari Prime Power, Stand by Power dan Continuous Power pada Generator

Komponen-Komponen Listrik Pada Rangkaian Star Delta Motor Induksi 3 Phase

SIMBOL-SIMBOL KELISTRIKAN KAPAL