Cara Membuat Adaptor 12 Volt 3 Ampere


Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat datang di blogger rudi-elektric, blogger sederhana yang selalu berusaha membagikan apa yang penulis punya, berdasarkan sumber sumber yang recommended tentunya.

Pada kehidupan sehari-hari kita tentu sangat familiar dengan pesawat-pesawat elektronik seperti televisi, radio, amplifier, komputer dan lain sebagainya. Nah agar komponen-komponen di dalam pesawat tersebut dapat bekerja, tidak serta merta menggunakan tegangan PLN yang masuk. Harus ada suatu perangkat yang bertugas menyearahkan dan menurunkan tegangan sehingga sesuai dengan kebutuhan komponen-komponen tersebut.

Saat kita mencari rangkaian adaptor di internet akan banyak rekomendasi yang mungkin secara komponen akan sedikit berbeda satu dengan yang lainnya. Namun pada dasarnya prinsipnya akan sama yaitu sebagai penurun tegangan dan penyearah tegangan. Tergantung kebutuhan berapa output tegangan yang dibutuhkan juga arus yang diinginkan.

Pada artikel kali ini, penulis ingin membagikan bagaimana caranya membuat adaptor dengan menggunakan trafo dan beberapa komponen seperti dioda, elco, transistor dan sebuah IC regulator 7812 yang dapat menghasilkan tegangan 12 volt. Arus yang dihasilkan disesuaikan dengan trafo yang digunakan, bisa trafo 3 ampere ataupun 5 ampere.

Langsung saja kita mulai pembuatannya.

Langkah pertama
Siapkan skema rangkaian adaptor 12 volt seperti dibawah ini:

Daftar Komponen:
D1-D4 = 1N5402 atau Dioda 3A pengganti
D5 = 1N4002 atau Dioda 1A pengganti
C1 = 4700uF/25V
C2 = 100uF/25V
C3 = 1000uF/25V
R1 = 1k
R2 = 0.22Ohm/5Watt
F1 = Sekring/Fuse 1 A
F2 = Sekring/Fuse 3 A
IC1 = 7812
TR1 = D313 atau TIP41C
T1 = Trafo 15Volt/3A Non CT

Tambahan :
Kotak Adaptor
Casing fuse = 2 pcs
Led Power + Resistor 1k
Sakalar 
Kabel secukupnya
Dudukan pcb 4 pcs
PCB Lubang

Seluruh komponen diatas penulis beli dengan harga 105 ribu di toko elektronik.
Harga komponen yang lumayan mahal yaitu trafo 3 ampere non ct seharga Rp 45.000,00 dan kotak adaptor berbahan plat seharga 20.000. Sedangkan yang lainnya penulis tidak ingat karena kemarin lupa minta nota. Hehehe

Langkah Kedua
Buat perencanaan tataletak trafo dan pcb rangkaian adaptornya. Sesuaikan juga dengan komponen-komponen tambahan lainnya seperti sakalar dan tambahan lainnya seperti sekering/fuse. Jangan sampai terlalu mepetantar komponen terutama dengan casing sehingga dapat meningkatkan resiko short sircuit pada adaptor.

Langkah ketiga
Setelah pengaturan tataletak selesai dan ukuran pcb telah ditentukan, langkah selanjutnya yaitu menyusun tataletak rangkaian penyearah pada pcb lubang . Lebih bagus kita menyusun komponen dengan memperhatikan estetika sehingga lebih enak di pandang😁, kemudian solder dan hubungkan antar kaki komponennya sesuai dengan skema di atas.

Langsung solder kabel input dari trafo dan output ke terminal positif dan negatif pada pcb. Panjang kabelnya silahkan diperkirakan sendiri.

Langkah keempat
Jangan lupa di keempat sudut pcb dibor lalu pasang spancer sebagai dudukan pcb ke casing adaptor. Kemudian pasang adaptor ke kotak sesuai posisi yang sudah ditentukan. 

Langkah kelima
Kita laksanakan penyambungan kabel langkah demi langkah ya😇
‌potong kabel power kira-kira satu meter, lebihkan kira kira 20 cm, dan langsung pasang stekernya. Jika ada lebih bagus yang sudah ads colokannya.

‌pada bagian kabel yang masuk ke dalam kotak, satu kabel netral langsung sambungkan ke input trafo yang 0, kemudian solder.

‌kabel satunya sebagai kabel api sambungkan ke sakalar. dari sakalar ke sekering dan dari sekering ke input trafo yang 220 volt.

‌output trafo yang kita pakai ada 15 volt. Sambungkan 0 dan 15 ke input pada rangkaian pcb. Penulis rekomendasikan untuk mengikuti seperti yang di gambar.
‌Output rangkaian adaptor sudah berupa tegangan positif dan negatif. Sambungkan kabel positif ke sekering lalu ke terminal positif. Dan kabel negatif ke terminal negatif.

‌untuk lampu indikator, gunakan lampu LED setengah watt sambungkan anoda ke 12 volt melalui sebuah resistor 3,3K dan katoda ke 0.

 Langkah keenam
Pastikan kembali apakah adaptor telah dirangkai dengan benar. Setelah colokan seteker ke stopkontak listrik PLN , kondisikan sakalar adaptor dalam keadaan Mati.

Standbykan probe multitester pada terminal positif dan negatif. Lalu hidupkan sakalar lihat apakah tegangan nya sudah 12 v atau tidak.

Jika adaptor sudah bekerja dengan baik, rapikan pengkabelannya agar lebih rapi.

Jangan lupakan faktor keselamatan selama perakitan. Karena tegangan yang kita gunakan sebagai input adaptor adalah 220 VAC. 

Demikian tutorial cara membuat adaptor 12 ampere 5 watt. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian
W assalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maksud dari Prime Power, Stand by Power dan Continuous Power pada Generator

Komponen-Komponen Listrik Pada Rangkaian Star Delta Motor Induksi 3 Phase

SIMBOL-SIMBOL KELISTRIKAN KAPAL