Komponen-Komponen Listrik Pada Rangkaian Star Delta Motor Induksi 3 Phase

Gambar 1. Star delta panel for 15 hp
Gambar 2. Rangkaian star delta

Gambar 3. Motor induksi AC 3 Phase
Komponen pada panel utama rangkaian star delta:
  1. MCB 3 Pole, singkatan dari Miniature Circuit Breaker adalah sebuah komponen listrik yang digunakan sebagai penghubung dan pemutus arus listrik pada suatu rangkaian kelistrikan. MCB dilengkapi dengan pemutus arus secara otomatis jika terjadi kelebihan beban listrik atau hubungan singkat (short Circuit) arus listrik.
  2. Kontaktor, Merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus arus listrik dengan memanfaatkan Medan magnetik yang dihasilkan oleh koil/lilitan yang diberi tegangan tertentu. Di dalam kontaktor ada istilah komponen moving contact dan fixed contacts. Moving contacts inilah yang digerakkan oleh Medan magnet untuk dihubungkan atau dipisahkan dengan fixed contacts. Pada rangkaian star delta sendiri ada 3 kontaktor yang digunakan. Kontaktor pertama pertama berfungsi sebagai kontaktor utama/main kontaktor, kedua saat motor dioperasikan dengan sistem delta dan ketiga saat motor dioperasikan dengan sistem star.
  3. TOR, singkatan dari Thermal Overload Relay adalah suatu alat kelistrikan yang digunakan untuk pengaman kelebihan beban pada motor listrik yang prinsip kerjanya berdasarkan thermal yang dideteksi. TOR biasanya digunakan untuk pengaman rangkaian control direct online atau star delta.
  4. Timer, adalah suatu alat yang digunakan untuk memutus atau menghubungkan arus listrik dengan menggunakan sistem waktu sesaat setelah coilnya diberikan tegangan. Dalam rangkaian star delta, timer berfungsi untuk memindahkan operasional motor induksi dari star ke delta.
  5. Transformer, adalah suatu alat kelistrikan yang digunakan untuk merubah taraf tegangan lain baik yang lebih tinggi atau lebih rendah. Taraf yang dimaksud di sini adalah nilai tegangan. Rangkaian star delta pada gambar di atas menggunakan transformer untuk menurunkan tegangan dari 380 vac ke 220 vac yang berfungsi untuk menyuplai tegangan ke koil kontaktor dan lampu indikator dimana komponen tersebut membutuhkan tegangan 220 vac.
  6. RT 18-32, merupakan sekering atau fuse yang berfungsi untuk memutuskan arus listrik pada rangkaian kontrol stardelta saat terjadi hubungan arus pendek pada koil kontaktor maupun komponen lainnya.

Demikian penjelasan mengenai komponen -komponen yang terdapat pada rangkaian control dan power star delta, jika ada saran dan masukan silahkan sampaikan di kolom komentar.

Komentar

  1. Minta nmr wa pak q mau tanya soal estimasi harga borongan per panel star delta 2 motor 3 phase

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maksud dari Prime Power, Stand by Power dan Continuous Power pada Generator

SIMBOL-SIMBOL KELISTRIKAN KAPAL