Profil KN Pulau Dana

KN Pulau Dana - 323

KN Pulau Dana (323) adalah salah satu kapal cepat milik Bakamla RI atau Indonesia Coast Guard (IDNCG) yang berfungsi sebagai kapal patroli di wilayah  perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi indonesia. Kapal ini di bangun di galangan PT.Citra Shipyard bersama 2 kapal lainnya yang sejenis dalam waktu yang bersamaan yaitu KN Pulau Nipah dan KN Pulau Marore.

Kapal yang diresmikan  oleh kepala bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R pada tanggal 18 Oktober 2019 ini memiliki panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, tinggi 14.4 meter, dengan kecepatan mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/2862LE433. Dengan spesifikasi yang demikian, sudah barang tentu KN Pulau dana mampu untuk megarungi laut perbatasan Indonesia yang dikenal memiliki gelombang yang cukup tinggi.
kapal yang di desain berteknologi  terkini ini juga dilengkapi dengan geladak helli. Selain itu juga dapat berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam. Sehingga tidak hanya berfungsi sebagai penjaga keamanan  saja, tetapi juga dapat mengakomodir kebutuhan pemerintah untuk bantuan pertolongan dan penyelamatan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Nama KN. Pulau Dana di ambil dari salah satu pulau terluar di Indonesia, yaitu Pulau Ndana atau sering disebut juga sebagai Pulau Dana. Pulau Dana merupakan Pulau Paling selatan Indonesia yang merupakan pintu gerbang alur Laut Kepulauan (ALKI III). Pulau yang tidak berpenghuni ini sudah tentu sangat rentan oleh gangguan keamanan dan karenanya Bakamla RI ikut andil dalam menjaganya melalui penamaan salah satu kapal patrolinya yaitu KN Pulau Dana.

Sesuai namanya yang berasal dari salah satu pulau di bagian Indonesia timur, KN Pulau Dana juga memiliki wilayah operasi wilayah Indonesia bagian timur dengan pangkalannya terletak di Kota Ambon. Laut Arafuru, Laut Banda bahkan samudera Pasifik merupakan sebagian wilayah jelajah  KN  Pulau Dana demi tetap terlaksananya keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia.
Aksi KN Pulau Dana

KN Pulau Dana pernah bertugas di Laut Natuna Utara saat ramai isu masuknya kapal Coast Guard China di wilayah yurisdiksi Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu. Bersama dengan unsur kapal patroli milik Bakamla lainnya seperti KN Tanjung Datu dan KN Pulau Nipah, KN Pulau Dana melaksanakan patroli di wilayah perbatasan di laut natuna utara untuk mencegah terjadinya pencurian ikan dari pihak asing. Bahkan saat kegiatan sailing pass bersama Kapal-kapal KRI, Polairud, KPLP dan kapal-kapal Bakamla lainnya, KN Pulau Dana melaju melalui lambung kiri KRI Semarang dan memberikan penghormatan di saksikan pejabat kemenko maritim dan pimpinan komisi 10.


Referensi:
https://www.google.com/amp/s/nasional.tempo.co/amp/1261405/bakamla-luncurkan-3-kapal-penjaga-perbatasan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maksud dari Prime Power, Stand by Power dan Continuous Power pada Generator

Komponen-Komponen Listrik Pada Rangkaian Star Delta Motor Induksi 3 Phase

SIMBOL-SIMBOL KELISTRIKAN KAPAL